Jika sobat punya laptop yang sudah rusak tidak terpakai dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki lagi, sobat dapat memanfaatkan komponen-komponen yang masih bisa digunakan di laptop sobat, contohnya Harddisk.

Ukuran harddisk (HDD) pada laptop biasanya berbeda dengan yang digunakan pada komputer, umumnya hardisk yang digunakan pada laptop ukuran besarnya lebih kecil dibandingkan pada komputer.

Biasanya ukuran hdd pada laptop adalah 2,5 inci dan pada komputer adalah 3,5 inci. Namun soal kapasitas penyimpanan umumnya tidak berbeda. Nah, kesempatan ini admin akan berbagi cara membuat harddisk internal (2.5 inci) cabutan dari laptop menjadi hardisk external.

Cara Membuat / Mengubah Hardisk Internal Laptop Jadi Hardisk External


Pertama tentusaja kamu sudah punya hardisk internal cabutan laptop, kemudian kamu bisa menyiapkan HDD External Case 2,5 inci (Casing HDD External 2,5 inci).

Sebenarnya kamu bisa juga kalau kamu ingin menggunakan USB to SATA, namun biasanya ini masih membutukan colokan listrik untuk power adapternya. Jadi admin lebih memilih menggunakan Casing External saja.

HDD External Case 2,5 inci bisa kamu dapatkan dengan membelinya di toko-toko peralatan komputer di kotamu, atau kamu bisa membelinya online (di toko online yang terpercaya tentunya). Harganya berfareasi, dari yang puluh ribuan sampai ratusan ribu, tergantung kualitas yang kamu pilih.

Membuat Hardisk Internal Jadi External
giban.net

Nah, jika sudah punya casingnya, kamu tinggal membuka (sesuai dengan buku petunjuknya) dan menyiapkan harddisk untuk dipasang pada casingnya.

Cara Membuat Hardisk Internal Laptop Jadi Hardisk External
giban.net

Masukan dan colokan hardisk ke casing.

HDD Internal Laptop Jadi HDD External
giban.net

Tutup kembali casingnya, dan tadaaaa, kini hardisk internalmu telah jadi hardisk external dan siap di colokan ke laptop atau komputer manapun.

Hdd External cabutan dari laptop
giban.net

Selamat mencoba.
0 Komentar untuk "Punya Hardisk Intenal Cabutan Laptop? Begini Agar Jadi External"