SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, populernya SSD dianggap merupakan versi USB dengan ukuran yang lebih besar, lebih rumit, lebih kompleks dan lebih unggul dibanding HDD.

SDD lebih unggul dibandingkan penyimpanan sejenis seperti HDD. Komponen penyimpanannya tidak lagi menggunakan piringan disk, dan hanya menggunakan memory micro chips untuk menyimpan dan menulis data. Kecepatan dan performanya jauh lebih unggul dibandingkan dengan HDD.

Perlu diketahui, pada SSD yang menjadi pemeran penting dalam kecepatan atau pengontrol SSD dalam menyimpam, mengambil, menghapus dan menulis data adalah prosesor. Semakin bagus, semakin cepat prosesor yang digunakan maka performa SSD akan semakin bagus pula.

Cara Partisi SSD


Cara Partisi SSD
Begini Cara Partisi SSD

Dalam mempartisi SSD, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan dengan minimum error maka kamu dapat memformat SSD kamu terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara termudahnya.

1. Format SSD menggunakan Windows Disk Management


Memformat Drive SSD dapat menghapus semua data apasaja yang kamu simpan di SSD kamu, baik itu OS (misalnya windows), dokumen atau apasaja yang kamu simpan pada drive ini.

Namun yang jadi masalah, bagaimana jika ini adalah laptop atau komputer satu-satunya yang digunakan? ketika menformat otomatis semua data, file dan apasaja yang ada di penyimpanan akan terhapus.

Jadinya dalam langkah awal ini sobat dapat mempartisi SSD pada saat baru instal Windows, atau partisi SSD saat mau menginstal baru windows. Namun, tidak ada salahnya admin memberitahu kamu cara menformat SSD menggunakan Windows Disk Management. Berikut caranya:

Warning: Jangan Lakukan Hal Ini Jika kamu Tidak Yakin!!!! 

Buka Windows Disk Management dengan cara mengklik kanan pada icon atau menu windows,

Cara Partisi SSD
Giban.Net

Selanjutnya klik kanan pada drive yang ingin di format dan pilih opsi Format,

Cara membagi SSD
Giban.Net

Ketik nama Volume, pilih sistem file dari daftar drop-down, biarkan opsi Default ke Allocation menyatukan ukuran, pilih Performa format cepat dan klik tombol OK.

Warning: Jangan Lakukan Hal Di Atas Jika Kamu Tidak Yakin!!!! Memformat Artinya Menghapus Semua Data! Memformat Penyimpanan Berarti Menghapus Semua Data Di Penyimpanan. Jangan Lakukan Jika Tidak Mengerti!!!!

2. Partisi SSD menggunakan Windows Disk Management ( Pilihan 1)


Buka Disk Management, atau caranya klik kanan pada menu Disk Management.

Selanjutnya cari drive SSD dan klik kanan pada ruang disk yang tidak teralokasi untuk memilih New Simple Volume.

Cara Mempartisi SSD
Giban.Net

Ikuti petunjuk sederhana berikutnya untuk membuat partisi baru pada SSD. Ikuti saja langkah-langkah yang tertera pada monitor laptop atau komputer kamu.

3. Partisi SSD menggunakan Sofware (Pilihan 2)


Download Eassos PartitionGuru, instal dan jalankan sofware / aplikasi ini pada komputer atau laptop kamu. Selanjutnya pilih SSD kamu dan pilih Quick Partition pada menu.

Cara Partisi Penyimpanan SSD
Giban.Net

Selanjutnya kamu dapat mengatur, jumlah partisi, ukuran partisi, label volume, dll. Dan klik OK.

Tutorial Partisi SSD
Giban.Net

Catatan: Opsi "Align partition to integral multiple of sectors" dipilih secara default dan nilai dipilih di sebelah opsi ini. Biarkan opsi ini dipilih jika kamu ingin membuat partisi 4K.

Selanjutnya setelah semua sesuai keinginanmu kamu, tinggal tunggu beberapa detik samapai proses partisi selesai.
0 Komentar untuk "Partisi SSD? Membuat Multiple Drive Pada SSD? Begini Caranya!"