Yah mungkin saja saat ini kamu menggunakan komputer atau laptop yang sudah menggunakan SSD ( Solid State Drive ) dan menemukan hanya satu drive yaitu biasanya drive C.

Kamu menemukan hanya ada satu drive dan ingin membaginya menjadi beberapa drive (multiple drives) seperti halnya laptop atau komputer yang menggunakan HDD atau lebih kita kenal dengan hardisk.

Namun, takut jika nantinya salah sehinga kamu mencari info bisakah atau amankan jika mempartisi SSD seperti halnya ketika menggunakan harddisk. Karena hal itu, disini admin akan berbagi info dapatkah kita mempartisi atau membagi SSD kita menjadi beberapa bagian.

Partisi SSD?


Bisakah Saya Mempartisi SSD?
Giban.Net

Ketika saya baru pertamakali menggunakan laptop yang menggunakan SSD dan mendapati drive penyimpanan tidak dibagi dan hanya ada pada satu drive saja yaitu drive C, maka saya berpikir haruskah saya mempartisi SSD saya seperti halnya HDD?

Mekanisme kerja SSD berbeda dengan HDD (perbedaan SSD dengan HDD), pada HDD mempartisi drive membuat OS bekerja lebih efisien dan cepat, karena HDD masih menggunakan piringan yang berputar untuk membaca dan menulis data, sedangkan pada SSD komponen ini telah diganti dengan chips memory yang lebih kecil dan lebih efisien, yang bekerja secara keseluruhan.

Bisa saja jika kamu memutuskan mempartisi SSD kamu, namun seperti yang sudah admin katakan diatas, cara kerja SSD berbeda dengan HDD, pada HDD untuk mendapatkan kinerja yang lebih efisien dan lebih cepat maka kamu perlu mempartisi HDD kamu menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan SSD, kamu tidak perlu membaginya untuk mendapatkan performa yang lebih cepat, karena semua cells dalam satu blog, jadi akan bekerja secara bersamaan. walaupun kamu mempartisinya tapi kinerjanya tidak akan terbagi layaknya piringan pada hardisk, meskipun begitu tetapsaja kau bisa mempartisi SSD kamu.

Jadi, Bisakah Partisi SSD?


Kamu bisa saja mempartisi SSD, namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cara kerja SSD berbeda dengan HDD jadi walaupun kamu membaginya performa dan cara kerjanya sama saja pada saat kamu tidak membaginya.

Kamu bisa membaginya secara manual atau menggunakan sofware lain yang kini banyak bertebaran diluar sana, jika kamu memutuskan untuk mempartisi SSD kamu, kamu dapat membaca panduan cara mempartisi SSD di postingan admin yang sebelumnya.
0 Komentar untuk "Aman dan Bisakah Partisi SSD seperti halnya pada HDD? Baca ini!"